Jumat, 15 Juli 2016

Apa Itu Slime?

Tags

Apa Itu Slime

Mungkin masih banyak yang merasa binggung apa sih sebenarnya slime dan mengapa slime menjadi salah satu mainan yang banyak disukai oleh anak- anak. Hal ini mungkin disebabkan karena slime berbentuk kenyal yang menggemaskan dan dibuat dalam berbagai macam variasi warna yang cerah dan berwarna-warni.

Slime merupakan cairan lengket dan pekat yang sekilas terlihat seperti lendir atau mirip seperti agar- agar atau jelly. Slime sebenarnya adalah bahan yang diracik untuk mempermudah membersihkan benda dari debu- debu yang susah dijangkau. 

Slime terkadang disebut dengan Oobleck atau Gak. Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia slime juga bisa berarti lendir. Slime mempunyai bentuk kenyal dan sedikit berlendir. Namun demikian, sebenarnya banyak juga jenis slime yang tidak berlendir karena jenis slime bergantung juga dengan bahan yang digunakan untuk membuat slime.

Untuk membuat slime kamu bisa menggunakan bahan seperti sabun deterjen, sabun cair, sampo, odol, mama lemon, sunlight, lem UHU, lem fox, lem povinal, tepung kanji, tepung maizena, dan lain sebagainya, bahkan ada juga yang menggunakan boraks sebagi bahan tambahan. 

Berdasarkan pada bahan- bahan yang umumnya digunakan, slime biasanya berbentuk cairan kental yang menggumpal. Slime mempunyai bentuk kenyal yang bisa dimainkan oleh anak- anak. Banyak anak menyukai jenis mainan berbentuk kenyal yang satu ini.

Slime biasanya dimainkan dengan cara ditekan- tekan sehingga menghasilkan bunyi. Slime juga bisa ditarik- tarik karena mempunyai bentuk kenyal dan lembut, sehingga menggemaskan untuk dipegang.
Slime diduga berasal dari dunia Barat, seperti yang biasanya kita lihat ada di saluran TV Nickeledeon, yaitu cairan kental berwarna hijau yang seperti jelly atau agar- agar cair. Slime jenis ini umumnya disebut dengan jelly slime. Sedangkan slime yang mempunyai ciri khas kekenyalan seperti bergoyang dan dapat menghasilkan bunyi air disebut dengan barrel o slime. 

Baik jelly slime maupun barrel o slime keduanya biasanya memiliki warna yang transparan. Slime yang memiliki warna yang transparan juga disebut dengan clear slime. clear slime termasuk dalam salah satu jenis slime yang sulit dan rumit untuk dibuat dibandingkan dengan jenis slime lainnya.

Selain itu, ada juga jenis slime yang seperti permen karet. Slime jenis ini memiliki bentuk yang sedikit lengket. Selanjutnya, ada pula slime yang seperti foam yang memiliki tekstur lebih lembut bila dibanding slime jenis permen karet. Slime jenis foam bisa diremas- remas namun akan tetap kembali ke bentuk semula.

Meskipun bagi sebagian orang slime memiliki bentuk yang aneh dan sedikit menjijikkan, namun nyatanya banyak orang terutama anak- anak menyukai slime untuk dijadikan mainan. Terutama sensasi saat memegang slime yang terasa kenyal menggemaskan. 

Namun demikian, para orang tua harus berhati- hati bila memberikan mainan slime ke pada anak mereka. Hal ini karena slime yang tersedia di toko- toko terkadang mengandung boraks pada campuran dalam pembuatan slime yang tentunya sangat berbahaya jika dijadikan sebagai mainan anak.

Namun demikian, para orang tua tidak perlu khawatir karena ternyata ada cara aman dan mudah untuk membuat slime bersama anak- anak anda. Slime yang dibuat sendiri pastinya akan lebih aman untuk anak- anak.

Nah,  untuk membuat slime yang aman dan mudah untuk dijadikan sebagai mainan anak- anak yang bagi anak, akan kami paparkan dalam artikel selanjutnya. Selamat membaca!

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon